Kamis, 28 Agustus 2014

ANALISIS KEBUTUHAN HARDWARE DAN SOFTWARE

Analisis Kebutuhan Hardware dan Software Sebuah Jaringan Komputer

Disini saya menganalisis kebutuhan hardware dan software sebuah jaringan computer diwarnet.
Warnet merupakan salah satu tempat usaha yang memakai system jaringan computer dalam melakukan operasinya, agar jaringan computer di warnet tersbut terhubung ke internet diperlukan sebuah koneksi melalui jasa ISP ( internet service provider ).
Analisis Kebutuhan
Untuk membuat sebuah sistem jaringan computer pada warnet diperlukan beberapa hal yang harus ada, agar sistem jaringan computer ini bisa berjalan sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan kepentingan. Hal – hal yang dibutuhkan dalam sebuah sistem jaringan computer meliputi hardware dan software yang sesuai dengan kebutuhan, berikut beberapa perangkat yang dibutuhkan dalam sebuah sistem jaringan computer di warnet.
1. HARDWARE
Untuk hardware dibutuhkan 1 buah computer yang dipakai untuk server dan beberapa computer yang dipakai untuk client. Spesifikasi setiap computer yang ada harus sesuai dengan kebutuhan pada warnet agar layanan yang tersedia di warnet tersebut dapat berjalan dengan semestinya, diantaranya:
• Jika terdapat layanan game online sehingga VGA yang dibutuhkan adalah VGA yang memiliki resolusi yang tinggi minimal 128 MB, dan memiliki memori minimal 512 ini diperlukan agar dapat memainkan game yang 3D yang membutuhkan spesifikasi yang besar.
• Prosesor yang dibutuhkan minimal 3,5 Hetz.
• Memori atau RAM yang dibutuhkan minimal 1 GB.
• Hardisk yang digunakan minimal 20 GB untuk client dan untuk server 40 GB. Karena fungsi penyimpanan di computer client tidak terlalu besar berbeda halnya dengan di server sehingga memerlukan kapasitas yang lebih besar.
2. SOFTWARE
Yang paling dibutuhkan untuk software di warnet yaitu:
• Sistem Operasi yang digunakan sebaiknya sama atau untuk server digunakan Sistem Operasi khusus server minimal untuk client adalah Microsoft windows XP.
• Yang paling penting adalah Billing, yaitu sebuah aplikasi yang dipakai untuk membantu melakukan perhitungan waktu dan biaya.
• Web Browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dll)
• Alamat IP, alamat IP yang digunakan pada jaringan local di warnet menggunakan IP versi 4 kelas C karena hanya terdiri dari belasan computer.
• Download Manager.
• Aplikasi Game Online jika ada layanan Game Online
3. ALAT JARINGAN
1. ROUTER
2. NIC (Network Interface Card)
3. SWITCH/ HUB
4. Cable UTP
5. Konektor RJ45
4. TOPOLOGI JARINGAN
Ada beberapa macam topologi jaringan seperti Topologi Bus, Topologi Ring, dan Topologi Star.
ANALISIS
Disini saya mencoba menganalisis jaringan computer di sebuah warnet
ANALISIS HARDWARE
Hardware yang digunakan di warnet tersebut :
• SWITCH 16 port ini sesuai dengan jumlah computer yang ada di warnet tersebut dan untuk pengembangan lebih lanjut SWITCH ini masih bisa dipergunakan karena masih tersisa beberapa port lagi yang masih digunakan apabila dikemudian hari ada penambahan computer lagi. Karena pada saat ini hanya dipakai 9 port yang artinya masih ada 7 port lagi yang masih bisa digunakan jika ada penambahan computer.
• Kabel UTP cat 5 yang compatible dengan kecepatan 100/10 MBPS dan memiliki jangkauan 100 meter ini masih bisa digunakan apabila dikemudian hari ada penambahan computer dengan jangakuan tidak lebih dari 100 m, namun bila lebih dari 100 m otomatis cable ini sudah tidak bisa digunakan lagi karena jangkauannya kurang.
• Router yang digunakan pada saat ini adalah TP-LINK compatible untuk kecepatan 1024 Kbps. Apabila kecepatan nya akan ditambah otomatis router ini sudah tidak optimal untuk dipakai harus ada penggantian sesuai dengan kecepatan yang akan dipakai.
• Server
o Prosesor
o Hardisk
o VGA
o RAM
o NIC
• Client
o Prosesor
o Hardisk
o VGA
o RAM
o NIC
• Monitor yang dipakai untuk client adalah LCD sebesar 17″ inci yang dapat menampilkan resolusi lebih dari 1024×764 ini cukup baik untuk dapat menampilkan game dengan cukup baik dan enak dipandang. Sedangkan untuk server menggunakan LCD sebesar 19″ inci.
ANALISIS SOFTWARE
• SO (system Operasi) system operasi yang digunakan saat ini adalah windows baik untuk client maupun server, untuk saat ini system operasi ini dirasa cukup karena sudah kompatibel dengan banyak aplikasi serta game online yang tersedia, namun dengan spesifikasi H/W yang dimiliki tidak perlu ada pergantian H/W apabila system operasi yang ada akan di ganti.
• Billing
• Web Browser, dalam hal web browser terdapat banyak pilihan yang bisa digunakan di warnet ini, dan system operasinyapun masih bisa kompatibel dengan web browser yang ada.
• Anti virus, anti virus yang digunakan adalah SMADAV dan AVG
• Game Online, aplikasi ini diperlukan agar pengguna dapat masuk ke game online untuk sekarang H/W yang digunakan masih bisa digunakan untuk game-game 3D baru.
TOPOLOGI JARINGAN
Topologi yang dipakai yaitu topologi Star, berikut contoh gambarnya.
dvswgfsgcx
Ket:
1. Komputer Server
2. Komputer Client
3. Kabel UTP yang menghubungkan client dengan Switch,serta server dengan switch
4. Switch 16 Port
5. Kabel UTP yang menghubungkan server dengan Router
6. Router
7. Printer yang sudah di sharing sehingga bisa digunakan komputer manapun di jaringan.
8. Telephone untuk terhubung dengan ISP
KONFIGURASI TCP /IP
untuk konfigurasi TCP /IP, seperti berikut:
Komputer Server IP : 192.168.0.1
Client : 192.168.0.2 – 192.168.0.9
Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 192.168.0.1
Preferred DNS Server : 222.124.204.35
Alternate DNS Server : 208.67.220.220

2 komentar:

  1. wah halaman yang bagus dan artikel yang sangat baik . saya senang bisa menemukan halaman ini , artikelnya sangat menarik . di tunggu postingan berikutnya .Salam

    BalasHapus
  2. terima kasih juga telah berkunjung di blog catatan kecil saya, dan mudah2an akan menambah semangat untuk membagikan sedikit pengalaman, kutipan dan kenyataan yang mungkin saya alami, salam pendidikan

    BalasHapus