Rabu, 14 Oktober 2015

Pengertian Dan Fungsi Media Access Control Menurut Badan IBM

Media Access Control adalah metode untuk transmisi sinyal yang dimiliki oleh node yang terhubung ke jaringan tanpa konflik.
Ketika dua komputer meletakkan sinyal melalui media jaringan (misalnya: kabel jaringan) secara simultan (bersamaan), maka kondisi ini disebut sebagai “tabrakan” (collision) akan terjadi yang akan mengakibatkan data yang ditransmisikan akan hilang atau rusak.
Media Access Control
Media Access Control
Solusi untuk masalah ini adalah untuk menyediakan metode jaringan akses media, yang bertindak sebagai “lampu lalu lintas” yang memungkinkan aliran data dalam jaringan atau mencegah aliran data untuk mencegah kondisi tabrakan. 

Macam-Macam Metode Media Access Control

Metode kontrol akses media diimplementasikan pada lapisan data-link dari tujuh lapisan dari model referensi OSI. Secara khusus, metode ini diterapkan bahkan dalam lapisan khusus pada lapisan data link, sublayer Media Access Control, selain Logical Link Control sublayer.
Ada empat metode kontrol akses media yang digunakan dalam jaringan lokal, yaitu :

1. Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection (CSMA/CD)

Metode ini digunakan dalam jaringan Ethernet half-duplex (jaringan Ethernet full-duplex menggunakan media yang beralih daripada menggunakan media bersama yang tidak memerlukan metode ini).
CSMA / CD adalah metode akses jaringan yang paling populer digunakan dalam  jaringan lokal, jika dibandingkan dengan akses jaringan metode teknologi lainnya. CSMA / CD didefinisikan dalam spesifikasi IEEE 802.3 yang dirilis oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE).

2. Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance (CSMA/CA)

Metode ini digunakan dalam teknologi jaringan AppleTalk dan beberapa bentuk jaringan nirkabel (wireless network), serta IEEE 802.11a, IEEE 802.11b dan IEEE 802.11g. Untuk AppleTalk, CSMA / CA didefinisikan dalam IEEE 802.3, sementara untuk jaringan nirkabel didefinisikan dalam IEEE 802.11.

3. Token Passing

Metode ini digunakan dalam teknologi jaringan Token Ring dan Fiber Distributed Data Interface (FDDI). Standar Token Ring didefinisikan dalam IEEE 802.5, sementara FDDI didefinisikan oleh American National Standards Institute (ANSI).

4. Demand priority

Digunakan dalam jaringan dengan teknologi 100VG-AnyLAN dan didefinisikan dalam standar IEEE 802,12.
Dalam implementasi jaringan, dukungan jaringan semacam network interface card, switch, atau router, metode kontrol akses diimplementasikan menggunakan algoritma MAC (MAC algoritma).
Meskipun algoritma MAC untuk Ethernet dan Token Ring telah didefinisikan oleh standar IEEE dan tersedia untuk umum, beberapa algoritma MAC untuk Ethernet full-duplex dipatenkan oleh produsen dan telah menulis sering keras-kode ke dalam sirkuit terpadu keping Aplikasi-spesifik (ASIC) yang dimiliki oleh perangkat.

Token Ring

Merupakan teknologi berbasis akses jaringan gelang (ring) yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969.
Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari potongan gelang dan menaruh potongan-potongan dalam akses gelang produk IBM pada tahun 1984. elemen kunci dari IBM desain chip gelang adalah penggunaan buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair dan menempatkan hub aktif di dalam sebuah jaringan komputer.

Koneksi komputer dalam topologi ring

Pada tahun 1985, Asosiasi Amerika Serikat meratifikasi standar IEEE IEEE 802.5 protokol (cara mengakses) Token Ring, sehingga protokol Token Ring telah menjadi standar internasional. Pada awalnya, IBM membuat Token Ring sebagai pengganti untuk teknologi Ethernet (IEEE 802.3), yang merupakan teknologi LAN yang paling populer.
Meskipun Token Ring lebih unggul dalam banyak hal, Token Ring kurang diminati mengingat biaya pelaksanaan lebih tinggi bila dibandingkan dengan Ethernet.
Spesifikasi asli dari standar Token Ring kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4 megabit per detik (4 Mbps), dan kemudian meningkat empat kali lipat, menjadi 16 megabit per detik.
Dalam hal ini jaringan topologi ring, semua node yang terhubung harus beroperasi pada kecepatan yang sama. Implementasi umum adalah dengan menggunakan sebuah cincin 4 megabit per detik sebagai penghubung antar node, sedangkan ring 16 megabit per detik digunakan untuk jaringan backbone.
Beberapa spesifikasi dan standar teknis Token Ring yang lain, seperti enkapsulasi Internet Protocol (IP) dan Address Resolution Protocol (ARP) di Token Ring dijelaskan dalam RFC 1042.
Dengan Token-Ring, peralatan jaringan secara fisik terhubung dalam konfigurasi (topologi) ring di mana data dilewatkan dari perangkat perangkat/peralatan satu sama lain secara berurutan. Sebuah paket kontrol yang dikenal sebagai token akan berputar dalam jaringan cincin ini, dan dapat digunakan untuk transmisi data.
Perangkat yang ingin mengirimkan data akan mengambil token, mengisinya dengan data yang akan dikirimkan dan kemudian token dikembalikan ke ring lagi.
Perangkat penerima/tujuan akan mengambil token, kemudian dikosongkan dan akhirnya mengembalikan token ke pengirim lagi. Protokol tersebut dapat mencegah terjadinya tabrakan data (tabrakan antara transmisi data) dan dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik, terutama dalam penggunaan bandwidth tingkat tinggi.
Ada tiga jenis pengembangan dasar Token Ring : Token Ring Full Duplex, switched Token Ring, dan 100VG-AnyLAN.
Token Ring Full Duplex menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. Token Switched Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data antara segmen LAN (tidak dalam perangkat LAN tunggal). Sementara itu, standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung Ethernet dan format Token Ring pada kecepatan 100 Mbps.

Ethernet

Adalah keluarga dari teknologi jaringan komputer untuk jaringan area lokal (LAN). Ethernet mulai dijual pada tahun 1980 dan distandarisasi pada tahun 1985 sebagai IEEE 802.3. Kabel Ethernet telah berhasil menggantikan teknologi LAN.
Ethernet baku terdiri dari beberapa kabel dan sinyal yang bervariasi dari lapisan OSI formulir yang digunakan oleh Ethernet. Ethernet 10BASE5 kabel koaksial penggunaan asli sebagai sarana bekerja sama (shared media).
Kabel Coaxial akan diganti dengan twisted pair dan serat optik untuk koneksi ini dengan berpusat (hub) atau pengalih (switch). Data rate meningkat secara teratur juga dari 10 megabit per detik hingga 100 gigabit per detik.
Sistem transportasi melalui Ethernet membagi aliran data menjadi potongan-potongan pendek yang disebut sebagai frame (bingkai). Setiap frame berisi sumber dan alamat tujuan, dan kesalahan data checker (data pengecekan error) sehingga data yang rusak dapat dilacak dan dikirimkan kembali. Sesuai dengan referensi OSI, Ethernet menyediakan layanan ke lapisan data link (lapisan data link).
Sejak merintis awal, Ethernet telah mempertahankan kualitas kompatibilitas antar perangkat (kompatibilitas) yang cukup baik. Fitur-fitur seperti 48-bit alamat MAC dan bingkai bentukjadi Ethernet telah mempengaruhi aturan jaringan (protokol jaringan) lainnya.

Jenis Ethernet

Jika dilihat dari kecepatan, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yaitu sebagai berikut:
  • 10 Mbit / detik, yang sering disebut sebagai Ethernet saja (standar yang digunakan: 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF)
  • 100 Mbit / detik, yang sering disebut sebagai Ethernet Cepat (standar yang digunakan: 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX).
  • 1000 Mbit / s atau 1 Gbit / detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Ethernet (standar yang digunakan: 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT).
  • 10000 Mbit / s atau 10 Gbit / detik. Standar ini belum banyak diimplementasikan.

Cara Kerja Ethernet

Spesifikasi Ethernet mendefinisikan fungsi-fungsi yang terjadi pada lapisan data link dan lapisan fisik dalam model referensi tujuh lapisan jaringan OSI, dan cara pembuatan paket data ke dalam frame sebelum ditransmisikan melalui kabel.
Ethernet adalah teknologi jaringan yang menggunakan metode transmisi baseband yang mengirimkan sinyal serial 1 bit pada satu waktu. Ethernet beroperasi dalam modus half-duplex, yang berarti bahwa setiap stasiun dapat menerima atau mengirim data tapi tidak dapat melakukan keduanya secara bersamaan.
Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet dapat bekerja dalam modus full-duplex atau half-duplex.
Dengan menggunakan metode kontrol akses media Ethernet Carrier Sense Multiple Access dengan Collision Detection untuk menentukan station dapat mengirimkan data pada waktu tertentu melalui media yang digunakan.
Dalam jaringan yang menggunakan teknologi Ethernet, setiap komputer akan “mendengar” sebelum “berbicara”, yang berarti bahwa mereka akan melihat kondisi jaringan jika tidak ada komputer lain sedang mengirim data.
Jika tidak ada komputer mengirimkan data, maka setiap komputer yang ingin mengirim data dapat mencoba untuk mengambil alih jaringan untuk mentransmisikan sinyal.
Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa jaringan yang menggunakan teknologi Ethernet adalah jaringan yang dibuat berdasrkan basis First-Come, First-Served, daripada melimpahkan kontrol sinyal ke stasiun Guru seperti dalam teknologi jaringan lainnya.
Jika dua stasiun ingin mencoba untuk mengirimkan data pada saat yang sama, kemungkinan terjadi tabrakan (collision / tabrakan), yang akan menghasilkan dua stasiun untuk menghentikan transmisi data, sebelum mencoba untuk mengirimkannya lagi pada interval waktu yang acak (yang diukur unit milidetik).
Semakin banyak stasiun di jaringan Ethernet, yang akan menghasilkan jumlah tabrakan dan semakin besar kinerja jaringan akan menjadi buruk. Kinerja Ethernet yang seharusnya 10 Mbit / detik, jika jaringan terpasang 100 node, umumnya hanya menghasilkan kinerja yang berkisar dari 40% sampai 55% dari bandwidth yang diharapkan (10 Mbit / detik).
Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan switch Ethernet untuk melakukan segmentasi pada jaringan Ethernet menjadi beberapa collision domain.

Frame Ethernet

Ethernet mentransmisikan data melalui kabel jaringan dalam bentuk paket-paket data yang disebut Ethernet Frame.
Sebuah frame Ethernet memiliki ukuran minimum 64 byte, dan maksimum 1518 byte dengan 18 byte yang digunakan sebagai sumber informasi tentang alamat, alamat tujuan, protokol jaringan yang digunakan, dan beberapa informasi lainnya yang disimpan dalam header dan trailer (footer).
Dengan kata lain, jumlah maksimum data yang dapat ditransmisikan (payload) dalam satu frame adalah 1500 byte.
Ethernet menggunakan beberapa metode untuk melakukan enkapsulasi paket data menjadi frame Ethernet, yaitu sebagai berikut :
  1. Ethernet II (yang digunakan untuk TCP / IP)
  2. Ethernet 802.3 atau dikenal sebagai Raw 802.3 dalam sistem jaringan Novell, dan digunakan untuk berkomunikasi dengan versi Novell Netware dari 3:11 atau sebelumnya.
  3. Ethernet 802.2 juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 tanpa Subnetwork Access Protocol, dan digunakan untuk konektivitas dengan Novell NetWare 03:12 dan selanjutnya.
  4. Ethernet SNAP juga dikenal sebagai Ethernet 802.3/802.2 dengan SNAP, dan dibuat sebagai kompatibilitas dengan sistem Macintosh yang menjalankan TCP / IP.
Sayangnya, setiap format frame Ethernet di atas tidak kompatibel / kompatibel satu sama lain, sehingga sulit untuk instalasi jaringan heterogen. Untuk mengatasinya, lakukan konfigurasi protokol yang digunakan melalui sistem operasi.

Topologi

Ethernet dapat menggunakan topologi jaringan fisik (bisa menjadi topologi bus, topologi ring, topologi star atau mesh topologi) serta jenis kabel yang digunakan (bisa berupa kabel koaksial (bisa Thicknet atau Thinnet), kabel tembaga (UTP atau STP kabel), atau kabel serat optik). Meskipun demikian, topologi star lebih disukai.
Logikanya, semua jaringan Ethernet menggunakan topologi bus, sehingga satu node akan menempatkan sinyal di bus dan sinyal tersebut akan mengalir ke semua node lainnya yang terhubung ke bus.
sumber  : http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-dan-fungsi-media-access-control-menurut-badan-ibm/

0 komentar:

Posting Komentar