Rabu, 14 Oktober 2015

Pengertian IP address Menurut Para Desainer Internet Protocol

Alamat Internet Protocol(IP address) adalah label numerik yang ditugaskan untuk setiap perangkat (misalnya, komputer, printer) berpartisipasi dalam jaringan komputer yang menggunakan Internet Protocol untuk komunikasi Sebuah alamat IP memiliki dua fungsi utama :.
IP Address
IP Address
Host atau jaringan identifikasi antarmuka dan lokasi pengalamatan. Perannya telah ditandai sebagai berikut : “Sebuah nama menunjukkan apa yang kita mencari Alamat menunjukkan di mana itu adalah Sebuah rute menunjukkan bagaimana menuju ke sana”
Para desainer dari Internet Protocol didefinisikan alamat IP sebagai nomor 32-bit dan sistem ini, yang dikenal sebagai Internet Protocol Version 4 (IPv4), masih digunakan sampai sekarang.
www.dosenpendidikan.com Namun, karena pertumbuhan yang besar dari Internet dan penipisan prediksi alamat yang tersedia, versi baru dari IP (IPv6), menggunakan 128 bit untuk alamat, dikembangkan pada tahun 1995. IPv6 adalah standar sebagai RFC 2460 pada tahun 1998 , dan penyebaran yang telah berlangsung sejak pertengahan 2000-an.
Alamat IP adalah angka biner, tetapi mereka biasanya disimpan dalam file teks dan ditampilkan dalam notasi terbaca-manusia, seperti 172.16.254.1 (untuk IPv4), dan 2001: db8: 0: 1234: 0: 567: 8: 1 (untuk IPv6).

Internet Assigned Numbers Authority (IANA) mengelola alamat IP alokasi ruang global dan delegasi lima pendaftar Internet regional (RIR) untuk mengalokasikan blok alamat IP untuk pendaftar lokal Internet (penyedia layanan Internet) dan entitas lain.

IP Versions

Dua versi dari Internet Protocol (IP) yang digunakan: IP Versi 4 dan IP versi 6. Setiap versi mendefinisikan alamat IP berbeda. Karena prevalensi, alamat IP istilah generik biasanya masih mengacu pada alamat yang didefinisikan oleh IPv4.
Kesenjangan dalam urutan versi antara IPv4 dan IPv6 dihasilkan dari penugasan nomor 5 ke eksperimental Internet Protocol Streaming pada tahun 1979, yang namun tidak pernah disebut sebagai IPv5.

Alamat IPv4

Dekomposisi dari alamat IPv4 dari notasi dot-desimal ke nilai biner. Dalam IPv4 alamat terdiri dari 32 bit yang membatasi ruang alamat ke 4294967296 (232) alamat unik mungkin. IPv4 cadangan beberapa alamat untuk tujuan khusus seperti jaringan privat (~ 18 juta alamat) atau alamat multicast (~ 270 juta alamat).
Alamat IPv4 yang kanonis diwakili dalam notasi dot-desimal, yang terdiri dari empat angka desimal, masing-masing mulai dari 0 sampai 255, dipisahkan oleh titik, misalnya, 172.16.254.1. Setiap bagian mewakili sekelompok 8 bit (oktet) alamat. Dalam beberapa kasus penulisan teknis, alamat IPv4 dapat disajikan dalam berbagai heksadesimal, oktal, atau representasi biner.

Classless Subnetting

Jaringan IP adalah kelompok alamat yang berdekatan yang biasanya diarahkan sama. Jaringan IP modern menggunakan CIDR dimana subnetwork setiap memiliki awalan umum di mana semua bit di alamat yang sama.
Blok jaringan ditulis dengan notasi CIDR dengan alamat IP memberikan awalan, karakter garis miring, dan jumlah bit dalam awalan. Sebagai contoh, 192.0.2.0/24 menunjukkan ada 24 bit dalam jaringan, dan mereka 192.0.2.

Subnetting Classful (Historical)

Pada tahap awal pengembangan Internet Protocol, ditafsirkan administrator jaringan alamat IP dalam dua bagian: bagian nomor jaringan dan tuan rumah sebagian nomor.
Tertinggi urutan oktet (delapan bit paling signifikan) dalam sebuah alamat ditunjuk sebagai nomor jaringan dan bit sisanya disebut bidang atau host identifier istirahat dan digunakan untuk tuan rumah penomoran dalam jaringan.
Metode awal ini segera terbukti tidak memadai sebagai jaringan tambahan dikembangkan yang independen dari jaringan yang ada sudah ditunjuk oleh nomor jaringan. Pada tahun 1981, Internet pengalamatan spesifikasi direvisi dengan pengenalan arsitektur jaringan classful.
Desain jaringan classful diperbolehkan untuk jumlah yang lebih besar dari tugas jaringan individu dan desain subnetwork halus.
Tiga bit pertama dari oktet paling signifikan dari alamat IP yang didefinisikan sebagai kelas alamat. Tiga kelas (A, B, dan C) yang ditetapkan untuk unicast yang universal menangani. Tergantung pada kelas turunan, identifikasi jaringan didasarkan pada segmen batas oktet seluruh alamat.
Setiap kelas yang digunakan oktet berturut-turut tambahan di pengenal jaringan, sehingga mengurangi kemungkinan jumlah host di kelas yang lebih tinggi (B dan C). Tabel berikut memberikan gambaran sistem sekarang usang ini.

Sejarah Arsitektur Jaringan Classful

IP Address ClassFull
IP Address ClassFull
Desain jaringan classful melayani tujuan dalam tahap startup internet, tetapi tidak memiliki skalabilitas dalam menghadapi ekspansi yang cepat dari jaringan di tahun 1990-an.
Sistem kelas dari ruang alamat diganti dengan CIDR (CIDR) pada tahun 1993. CIDR didasarkan pada variabel-panjang subnet masking (VLSM) untuk memungkinkan alokasi dan routing berdasarkan sewenang-wenang panjang prefiks.
Hari ini, sisa-sisa konsep jaringan classful fungsi hanya dalam lingkup terbatas sebagai parameter konfigurasi default dari beberapa perangkat lunak jaringan dan komponen perangkat keras (misalnya netmask), dan dalam bahasa teknis yang digunakan dalam diskusi jaringan administrator ‘.

IPv4 Address Exhaustion

Alamat IPv4 Exhaustion adalah berkurangnya pasokan terisi Internet Protocol Version 4 (IPv4) alamat yang tersedia di Internet Assigned Numbers Authority (IANA) dan pendaftar Internet regional (RIR) untuk penugasan kepada pengguna akhir dan pendaftar Internet lokal, seperti penyedia layanan Internet .
Pool alamat utama IANA telah habis pada tanggal 3 Februari 2011, ketika 5 blok terakhir dialokasikan ke 5 RIR APNIC adalah RIR pertama yang menguras kolam renang daerah pada 15 April 2011, kecuali untuk sejumlah kecil. ruang alamat dicadangkan untuk transisi ke IPv6, dimaksudkan untuk dialokasikan dalam proses terbatas

Alamat IPv6

Dekomposisi dari alamat IPv6 dari representasi heksadesimal ke nilai biner.
Kelelahan yang cepat ruang alamat IPv4, meskipun teknik konservasi, mendorong Internet Engineering Task Force (IETF) untuk mengeksplorasi teknologi baru untuk memperluas kemampuan menangani di Internet.
Solusi permanen itu dianggap desain ulang dari Internet Protocol sendiri. Ini generasi berikutnya dari Internet Protocol, yang ditujukan untuk menggantikan IPv4 di Internet, akhirnya bernama Internet Protocol Version 6 (IPv6) pada tahun 1995.
Ukuran alamat meningkat 32-128 bit atau 16 oktet. Ini, bahkan dengan tugas murah blok jaringan, dianggap cukup untuk masa mendatang. Secara matematis, ruang alamat baru menyediakan potensi maksimal 2.128, atau sekitar 3,403 × 1038 alamat.
Tujuan utama dari desain baru tidak hanya untuk memberikan jumlah yang cukup alamat, melainkan untuk memungkinkan agregasi efisien subnetwork Routing prefiks pada node routing.
Akibatnya, ukuran tabel routing yang lebih kecil, dan kemungkinan alokasi individu terkecil adalah subnet untuk 264 host, yang merupakan kuadrat dari ukuran seluruh internet IPv4.
Pada tingkat ini, tingkat pemanfaatan alamat sebenarnya akan menjadi kecil pada setiap segmen jaringan IPv6.
Desain baru ini juga memberikan kesempatan untuk memisahkan infrastruktur pengalamatan segmen jaringan, yaitu pemerintah daerah ruang yang tersedia segmen, dari awalan pengalamatan yang digunakan untuk rute lalu lintas eksternal untuk jaringan.
IPv6 memiliki fasilitas yang secara otomatis mengubah awalan routing seluruh jaringan, harus konektivitas global atau perubahan kebijakan routing, tanpa memerlukan desain ulang internal maupun renumbering manual.
Banyaknya alamat IPv6 memungkinkan besar blok yang akan ditetapkan untuk tujuan tertentu dan, bila sesuai, yang akan dikumpulkan untuk routing efisien.
Dengan ruang alamat yang besar, tidak ada kebutuhan untuk memiliki metode konservasi alamat yang kompleks seperti yang digunakan dalam CIDR.
Banyak desktop dan operasi server perusahaan sistem modern termasuk dukungan asli untuk protokol IPv6, tetapi belum banyak digunakan di perangkat lain, seperti router jaringan rumah, voice over IP (VoIP) dan peralatan multimedia, dan peripheral jaringan.

IPv6 private addresses (Alamat IPv6 pribadi )

Sama seperti IPv4 cadangan alamat untuk jaringan pribadi atau internal, blok alamat yang disisihkan dalam IPv6 untuk alamat pribadi. Dalam IPv6, ini disebut alamat lokal yang unik (ULA).
RFC 4193 set selain routing prefix fc00 :: / 7 untuk blok ini yang terbagi menjadi dua / 8 blok dengan kebijakan tersirat yang berbeda. Alamat termasuk nomor pseudorandom 40-bit yang meminimalkan risiko alamat tabrakan jika situs menggabungkan atau paket misrouted.
Desain awal menggunakan blok yang berbeda untuk tujuan ini (fec0: :), dijuluki situs-lokal addresses.
However, definisi apa yang merupakan situs masih belum jelas dan kebijakan penanganan yang buruk didefinisikan menciptakan ambiguitas untuk routing. Alamat rentang spesifikasi ini ditinggalkan dan tidak boleh digunakan dalam sistem baru.
Alamat dimulai dengan fe80 :, disebut alamat link-local , yang ditugaskan untuk antarmuka untuk komunikasi pada link saja.

Alamat secara otomatis dihasilkan oleh sistem operasi untuk setiap antarmuka jaringan. Ini menyediakan konektivitas jaringan instan dan otomatis untuk semua host IPv6 dan berarti bahwa jika beberapa host terhubung ke sebuah hub atau switch umum, mereka memiliki jalur komunikasi melalui alamat IPv6 link-lokal mereka.
Fitur ini digunakan di lapisan bawah administrasi jaringan IPv6 (misalnya Neighbor Discovery Protocol). Tak satu pun dari prefiks alamat pribadi dapat dialihkan di Internet publik.

IP Subnetwork 

Jaringan IP dapat dibagi menjadi subnetwork di IPv4 dan IPv6. Untuk tujuan ini, alamat IP secara logis diakui sebagai terdiri dari dua bagian: jaringan (atau routing) awalan dan host identifier, atau antarmuka identifier (IPv6). Subnet mask atau awalan CIDR menentukan bagaimana alamat IP dibagi menjadi jaringan dan host bagian.
Subnet mask Istilah ini hanya digunakan dalam IPv4. Namun kedua versi IP menggunakan konsep CIDR dan notasi.
Dalam hal ini, alamat IP diikuti dengan garis miring dan jumlah (dalam desimal) bit yang digunakan untuk bagian jaringan, juga disebut routing prefix. Sebagai contoh, alamat IPv4 dan subnet mask-nya mungkin 192.0.2.1 dan 255.255.255.0, masing-masing.
CIDR notasi untuk alamat IP yang sama dan subnet adalah 192.0.2.1/24, karena 24 bit pertama dari alamat IP menunjukkan jaringan dan subnet.

Penetapan Alamat IP (IP address assignment)

Alamat Internet Protocol ditugaskan untuk host baik lagi pada saat booting, atau secara permanen dengan konfigurasi tetap keras atau perangkat lunaknya.
Konfigurasi Persistent juga dikenal sebagai menggunakan alamat IP statis. Sebaliknya, dalam situasi ketika alamat IP komputer diberikan baru setiap kali, ini dikenal sebagai menggunakan alamat IP dinamis.

Metode

Alamat IP statis secara manual ditugaskan ke komputer oleh administrator. Prosedur yang tepat bervariasi sesuai dengan platform yang. Ini berbeda dengan alamat IP dinamis, yang diberikan baik oleh antarmuka komputer atau host perangkat lunak itu sendiri, seperti di Zeroconf, atau diserahkan oleh server menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP).
Meskipun alamat IP yang ditetapkan menggunakan DHCP mungkin tetap sama untuk jangka waktu yang lama, mereka umumnya bisa berubah. Dalam beberapa kasus, administrator jaringan dapat mengimplementasikan dinamis ditugaskan alamat IP statis.
Dalam hal ini, server DHCP digunakan, tetapi secara khusus dikonfigurasi untuk selalu memberikan alamat IP yang sama untuk komputer tertentu.
Hal ini memungkinkan alamat IP statis dikonfigurasi secara terpusat, tanpa harus mengkonfigurasi secara khusus setiap komputer di jaringan dalam prosedur manual.
Dengan tidak adanya atau kegagalan statis atau stateful (DHCP) konfigurasi alamat, sistem operasi dapat menetapkan alamat IP untuk antarmuka jaringan menggunakan metode auto-konfigurasi negara-kurang, seperti Zeroconf.

Penggunaan Tugas Alamat Dinamis  (Uses of dynamic address assignment)

Alamat IP yang paling sering ditugaskan secara dinamis pada LAN dan jaringan broadband oleh Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP).
Mereka digunakan karena menghindari beban administrasi menentukan alamat statis spesifik untuk setiap perangkat pada jaringan. Hal ini juga memungkinkan banyak perangkat untuk berbagi ruang alamat yang terbatas pada jaringan jika hanya beberapa dari mereka akan online pada waktu tertentu.
Pada kebanyakan sistem operasi desktop saat ini, konfigurasi IP dinamis diaktifkan secara default sehingga pengguna tidak perlu secara manual memasukkan pengaturan untuk terhubung ke jaringan dengan DHCP server.
DHCP bukan satu-satunya teknologi yang digunakan untuk memberikan alamat IP dinamis. Dialup dan beberapa jaringan broadband menggunakan fitur alamat dinamis dari Point-to-Point Protocol.

Alamat IP dinamis Sticky (Sticky dynamic IP address)

Sebuah alamat IP lengket dinamis adalah istilah informal yang digunakan oleh pelanggan kabel dan akses Internet DSL untuk menggambarkan alamat IP yang ditetapkan secara dinamis yang jarang berubah. Alamat ini biasanya diberikan dengan DHCP.
Karena modem biasanya diaktifkan untuk waktu yang lama, sewa alamat biasanya ditetapkan untuk jangka waktu yang lama dan hanya diperbaharui. Jika modem dimatikan dan dinyalakan lagi sebelum berakhirnya berikutnya sewa alamat, kemungkinan besar akan menerima alamat IP yang sama.

Alamat Konfigurasi Otomatis (Address autoconfiguration)

RFC 3330 mendefinisikan blok alamat, 169.254.0.0/16, untuk penggunaan khusus dalam link-local menangani jaringan IPv4. Dalam IPv6, setiap antarmuka, apakah menggunakan tugas alamat statis atau dinamis, juga menerima alamat lokal-link secara otomatis di blok fe80 :: / 10.
Alamat ini hanya berlaku pada link, seperti koneksi segmen jaringan atau point-to-point lokal, bahwa sebuah host terhubung ke. Alamat ini tidak routable dan seperti alamat pribadi tidak dapat menjadi sumber atau tujuan dari paket melintasi Internet.
Ketika link-local address IPv4 blok disediakan, tidak ada standar yang ada untuk mekanisme alamat autoconfiguration. Mengisi kekosongan, Microsoft menciptakan sebuah implementasi yang disebut Automatic Swasta IP Addressing (APIPA).
APIPA telah digunakan pada jutaan mesin dan telah, dengan demikian, menjadi standar de facto dalam industri. Bertahun-tahun kemudian, IETF didefinisikan standar formal untuk fungsi ini, RFC 3927, yang berjudul Dinamis Konfigurasi IPv4 Alamat Link-Local.

Address Autoconfiguration

Beberapa situasi infrastruktur harus menggunakan statis untuk Menangani, seperti ketika menemukan Domain Name System (DNS) host yang akan menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Alamat statis juga nyaman, tetapi tidak mutlak diperlukan, untuk menemukan server di dalam suatu perusahaan.
Alamat yang diperoleh dari server DNS datang dengan waktu untuk hidup, atau waktu caching, setelah itu harus mendongak untuk memastikan bahwa hal itu tidak berubah. Bahkan alamat IP statis melakukan perubahan sebagai akibat dari administrasi jaringan (RFC 2072).
IP addressing
Ada empat bentuk pengalamatan IP, masing-masing dengan sifat yang unik.

1. Unicast

Konsep yang paling umum dari alamat IP dalam unicast menangani, tersedia dalam IPv4 dan IPv6. Biasanya mengacu pada pengirim tunggal atau penerima tunggal, dan dapat digunakan baik untuk mengirim dan menerima.
Biasanya, alamat unicast dikaitkan dengan satu perangkat atau host, tapi itu bukan korespondensi satu-ke-satu. Beberapa PC individu memiliki beberapa alamat unicast yang berbeda, masing-masing untuk tujuan yang berbeda sendiri.
Mengirim data yang sama ke beberapa alamat unicast membutuhkan pengirim untuk mengirim semua data berkali-kali, sekali untuk setiap penerima.

2. Broadcast

Dalam IPv4 adalah mungkin untuk mengirim data ke semua tujuan yang mungkin (“semua-host siaran”), yang memungkinkan pengirim untuk mengirim data hanya sekali, dan semua penerima menerima salinannya.
Dalam protokol IPv4, alamat 255.255.255.255 digunakan untuk siaran lokal. Selain itu, diarahkan (terbatas) siaran dapat dibuat dengan menggabungkan awalan jaringan dengan akhiran tuan seluruhnya terdiri dari 1s biner.
Sebagai contoh, alamat tujuan yang digunakan untuk siaran diarahkan ke perangkat di jaringan 192.0.2.0/24 adalah 192.0.2.255. IPv6 tidak mengimplementasikan siaran menangani dan menggantikannya dengan multicast ke khusus didefinisikan alamat semua-node multicast.

3. Multicast

Sebuah alamat multicast dikaitkan dengan sekelompok penerima tertarik. Dalam IPv4, alamat 224.0.0.0 melalui 239.255.255.255 (mantan alamat Kelas D) ditetapkan sebagai addresses.IPv6 multicast menggunakan alamat blok dengan awalan ff00 :: / 8 untuk aplikasi multicast.
Dalam kedua kasus, pengirim mengirimkan datagram tunggal dari alamat unicast ke alamat grup multicast dan router perantara mengurus membuat salinan dan mengirim mereka ke semua penerima yang telah bergabung dengan kelompok multicast yang sesuai.

4. Anycast

Seperti broadcast dan multicast, anycast adalah routing topologi satu-ke-banyak. Namun, aliran data tidak ditransmisikan ke semua penerima, hanya satu yang memutuskan router secara logis terdekat dalam jaringan. Alamat anycast adalah fitur yang melekat hanya IPv6.
Dalam IPv4, anycast menangani implementasi biasanya beroperasi menggunakan metrik terpendek-jalan BGP routing dan tidak memperhitungkan kemacetan akun atau atribut lain dari jalan. Metode anycast berguna untuk load balancing global dan biasanya digunakan dalam sistem DNS terdistribusi.

Alamat Publik dan Pribadi

a. Alamat publik
Sebuah alamat IP publik, dalam bahasa umum, ini identik dengan alamat IP unicast routable secara global.
IPv4 dan IPv6 menentukan rentang alamat yang dicadangkan untuk jaringan pribadi dan link-local menangani. Alamat IP publik istilah yang sering digunakan tidak termasuk jenis alamat.
b.Alamat pribadi
Desain jaringan awal, ketika dunia konektivitas end-to-end yang dibayangkan untuk komunikasi dengan semua host internet, dimaksudkan bahwa alamat IP secara unik ditugaskan untuk komputer tertentu atau perangkat.
Namun, ditemukan bahwa hal ini tidak selalu diperlukan sebagai jaringan swasta dikembangkan dan ruang alamat publik perlu dilestarikan.
Komputer tidak terhubung ke Internet, seperti mesin pabrik yang berkomunikasi hanya dengan satu sama lain melalui TCP / IP, tidak perlu memiliki alamat IP yang unik secara global.
Tiga rentang alamat IPv4 untuk jaringan swasta disediakan di RFC 1918. Alamat ini tidak diarahkan di Internet dan dengan demikian penggunaannya tidak perlu dikoordinasikan dengan alamat IP registri.

Modifications to IP addressing (modifikasi untuk alamat IP)

Blokir IP dan firewall
Firewall melakukan Internet Protocol memblokir untuk melindungi jaringan dari akses yang tidak sah. Mereka umum di Internet saat ini. Mereka mengontrol akses ke jaringan berdasarkan alamat IP dari komputer klien.
Apakah menggunakan daftar hitam atau daftar putih, alamat IP yang diblokir adalah alamat IP yang dirasakan klien, yang berarti bahwa jika klien menggunakan server proxy atau terjemahan alamat jaringan, memblokir satu alamat IP dapat menghalangi banyak komputer pribadi.

Alamat IP Translation

Beberapa perangkat klien dapat muncul untuk berbagi alamat IP: baik karena mereka adalah bagian dari hosting lingkungan web server bersama atau karena IPv4 alamat jaringan penerjemah (NAT) atau tindakan server proxy sebagai agen perantara atas nama pelanggan, dalam hal ini berasal nyata alamat IP mungkin disembunyikan dari server menerima permintaan.
Praktek yang umum adalah untuk memiliki NAT menyembunyikan sejumlah besar alamat IP dalam jaringan pribadi. Hanya “luar” interface (s) dari NAT harus memiliki alamat routable-Internet.
Paling umum, perangkat NAT peta nomor port TCP atau UDP pada sisi yang lebih besar, jaringan publik untuk alamat pribadi individu pada jaringan menyamar.
Dalam jaringan rumah kecil, fungsi NAT biasanya dilaksanakan di gerbang perumahan perangkat, biasanya satu dipasarkan sebagai “router”.
Dalam skenario ini, komputer yang terhubung ke router akan memiliki alamat IP pribadi dan router akan memiliki alamat publik untuk berkomunikasi di Internet. Jenis router memungkinkan beberapa komputer untuk berbagi satu alamat IP publik.

Alat Diagnostik

Sistem operasi komputer menyediakan berbagai alat diagnostik untuk memeriksa antarmuka jaringan dan konfigurasi alamat.
Windows menyediakan perintah-baris alat antarmuka ipconfig dan netsh dan pengguna sistem Unix-like dapat menggunakan ifconfig, netstat, rute, lanstat, fstat, atau utilitas iproute2 untuk menyelesaikan tugas.
sumber : http://www.dosenpendidikan.com/pengertian-ip-address-menurut-para-desainer-internet-protocol/

0 komentar:

Posting Komentar